Selasa, 27 Oktober 2015

Fisioterapi jurusanku dan perkembangannya di UMM



SELAMAT DATANG DI WEBSITE PROGRAM STUDI FISIOTERAPI 
file-page-7016.html file_page_7016.pdf file_page_7016-.doc file_page_7016-.ps
file-page-007003.html file_page_007003.pdf file_page_007003-.doc file_page_007003-.ps


STRUKTUR ORGANISASI
PROGRAM STUDI FISIOTERAPI


  KAPRODI   SEKPRODI  
                                   
  Atika Yulianti, SST.Ft., M.Fis.

         Dimas Sondang Irawan, SST.Ft., M.Fis.      

 




STAF DOSEN
PROGRAM STUDI FISIOTERAPI


No. Mata Kuliah Nama Dosen
1. Tumbuh Kembang dr. Melany Farrahdilla, Sp.A
Atika Yulianti, SST.Ft., M.Fis
2. Disaster Management Yoyok Bekti Prasetyo, M.Kep., Sp.Kom.
dr. Thontowi Djauhari Nur Subchi M.Kes
Dimas Sondang Irawan, SST.Ft., M.Fis
3. Ilmu Kesehatan Masyarakat Yoyok Bekti Prasetyo, M.Kep., Sp.Kom.
Sri Sunaringaih Ika Wardojo, S.KM, M.PH
4. Kinesiologi dan Biomekanik Safun Rahmanto, SST.Ft., M.Fis
Atika Yulianti, SST.Ft., M.Fis
5. Pengantar Fisioterapi Rakhmad Rosadi, SST.Ft.
Atika Yulianti, SST.Ft., M.Fis
6. Elektrofisika 2 Dimas Sondang Irawan, SST.Ft., M.Fis
Rakhmad Rosadi, SST.Ft.
7. Fisiologi Dimas Sondang Irawan, SST.Ft., M.Fis
8. Pelayanan Fisioterapi Islami Ahmad Sobrun Jamil S.Si., M.P
Safun Rahmanto, SST.Ft., M.Fis
9. Psikologi Kesehatan Zakarija Achmad S.Psi, M.Si
10. Etika Hukum Profesi Rakhmad Rosadi, SST.Ft.
11. Fisika Fisioterapi Safun Rahmanto, SST.Ft., M.Fis
Rakhmad Rosadi, SST.Ft.
12. Patologi Kardiopulmunal dr. Eko Ardianto Margiono
13. Patologi Muskuloskeletal dr. Mochamad Aleq Sander
14. Ilmu Sosial Budaya Dasar Drs. Haryono, M.Si
15. Bahasa Indonesia M. Isnaini, M,Pd
16. Pendidikan Kewarganegaraan Prihatin Sulistyowati, S.Sos.
17. Patologi Neuromuskuler dr. Yudityarini Proyanto, Sp.S
PENGANTAR LABORATORIUM


Telah ditetapkannya Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68/E/O/2012 tanggal 1 Maret 2012 tentang penyelenggaraan program S1 Fisioterapi pada Universitas Muhammadiyah Malang maka proses akademik mulai dari penerimaan mahasiswa baru hingga persiapan perkuliahan akan segara terlaksana. Kurikum merupakan proses yang inti dalam pembelajaran bagi mahasiswa Program S1 Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang. Persiapan kurikulum membutuhkan pengerahan tanaga dan pikiran untuk menghasilkan kurikulum S1 Fisioterapi yang bermutu dan berkualitas. Secara berkala dan berkelanjutan pengadaan peralatan-peralatan kesehatan khususnya bidang fisioterapi yang mendukung pendirian Program Studi Fisioterapi ini telah dilakukan bersama-sama dengan program studi lain atau fakultas lain (Fakultas Kedokteran, Program Studi Keperawatan S1 dan D3) secara terintegrasi. Demikian juga kebutuhan tenaga kesehatan lainnya, misalnya dokter maupun tenaga paramedis yang lainnya. Untuk menyelenggarakan program ini telah dipersiapkan tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi yang memadai.

Pimpinan dan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Malang memberikan dukungan penuh terhadap pembukaan Program Studi Fisioterapi. Dukungan itu berupa fasilitas, bantuan tenaga baik akademis maupun administratif dan akses informasi dan dana bagi pembukaan program studi ini. Program Studi Fisioterapi telah mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana yang memadai. Ruang Kuliah beserta perlengkapan perkuliahan klasikal dan Laboratorium Komputer dan Bahasa Inggris yang terintegrasi telah tersedia. Sedangkan Laboratorium bidang keahlian fisioterapi juga telah tersedia, diantaranya Laboratorium Anatomi, Laboratorium Terapi Manipulasi, Laboratorium, Skill Lab (meliputi laboratorium pemeriksaan, Laboratorium Pool Terapi dan Laboratorium Elektroterapi), Laboratorium Pendidikan, Laboratorium Pediatri dan Gymnasium. Laboratorium pengembangan fisioterapi juga sedang dipersiapkan meliputi klinik pelayanan umum, klinik anti-aging dan kecantikan serta klinik fisioterapi. Di tunjang dengan terintegrasinya RS UMM dengan Prodi Fisioterapi sangat memberikan kontribusi yang besar dalam pelayanan laboratorium kepada mahasiswa, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas kemampuan mahasiswa dalam kegiatan akademik.


Laboratorium Elektro Fisika

Laboratorium ini merupakan laboratorium dasar yang wajib dilalui oleh mahasiswa sebelum menuju pada kompetensi selanjutnya. Laboratorium ini di desain sebagai sumber belajar mahasiswa dengan menggunakan ragam alat praktek sebelum alat ini dipergunakan dan dijadikan sebagai alat bantu terapi bagi klien.


   
Laboratorium Manual Terapi

Laboratorium ini bertujuan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari tehnik assessment dan pengukuran, pemeriksaan osteo-kinematika dan artro-kinematika sendi, pemeriksaan isometrik dan MMT otot, tehnik atau metode intervensi secara manual pada penderita. Manual terapi ini dapat diterapkan pada sendi perifer maupun sendi-sendi vertebrae serta skill tentang massage.
   
Gymnasium
 
Laboratorium ini mengajarkan pada mahasiswa tentang latihan kebugaran untuk menjaga fungsi mekanis tubuh, mahasiswa dapat belajar tentang dasar-dasar pergerakan seperti ROM aktif dan pasif serta bagaimana pemeliharaan gerak dan peningkatan kembali fungsi gerak dan ketahanan otot.
   
Laboratorium Pediatri

Laboratorium ini mengajarkan pada mahasiswa tentang pembelajaran maupun praktek klinis pada kondisi kasus-kasus pada anak-anak. Laboratorium pediatri menunjang mahasiswa untuk menetapkan berbagai teknik stimulasi untuk tumbuh kembang anak, dan berbagai teknik fisioterapi untuk kondisi pediatrik.
   
Laboratorium Skill Fisioterapi

Laboratorium ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa terhadap pengembangan tindakan fisioteraphy pada berbagai kasus pediatri, geriatri, obsgyn, musculosceletal dan kardiopulmonal.
 
Laboratorium Pool Therapy

Laboratorium Pool Therapy Prodi Fisioterapi UMM tergolong baru di lingkungan Prodi, menyusul diakuisisinya Taman Rekreasi Sengakaling oleh UMM pada akhir Tahun 2013. Laboratorium ini bertujuan memberikan pengajaran tentang treatment yang dilakukan oleh fisioterapis didalam kolam renang.



PROFIL PROGRAM STUDI FISIOTERAPI


Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis, dan mekanis), pelatihan fungsi, komunikasi. (Kepmenkes RI No. 1363/MENKES/SK/XII/2001).

Kondisi riil di lapang sampai saat ini jumlah dan mutu lulusan strata-1  fisioterapis masih sangat dibutuhkan, sehingga mampu memainkan peran strategisnya dalam menghadapi era globalisasi. Salah satu faktor keberhasilan pencapaian sasaran di era globalisasi adalah menuntut lebih banyak kemampuan dibidang pelayanan kesehatan. Oleh karena itu penyelenggaraan Program Studi S1 Fisioterapi merupakan salah satu pilihan penting yang dapat dijadikan salah satu pemecahannya.

Menyadari masih terbatasnya jumlah maupun kualitas lulusan strata-1 Fisioterapi dan bertolak dari kesadaran maupun tanggung jawab dalam ikut membangun sumber daya manusia Indonesia, maka Universitas Muhammadiyah Malang dengan ini mengusulkan penyelenggaraan Program Fisioterapi.
Program Studi Fisioterapi berdiri berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68/E/O/2012 yang ditetapkan pada tanggal 1 Maret 2012 tentang penyelenggaraan program S1 Fisioterapi pada Universitas Muhammadiyah Malang.

Program Studi Fisioterapi berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan dan merupakan program studi ke-44 yang dimiliki UMM. Prodi Fisioterapi memiliki slogan "Membentuk Fisioterapis Handal dan Islami dengan Kurikulum yang Berkarakter". Program Studi Fisioterapi ditempuh selama 8 semester atau 4 tahun dengan bobot total 144 SKS.
 
Program Studi S1 Fisioterapi merupakan satu-satunya S1 Fisioterapi di Jawa Timur, yang disiapkan untuk mencetak Sarjana Fisioterapi yang mampu memberikan layanan kesehatan untuk individu dan atau kelompok dengan mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan keilmuan yang kokoh dan ketrampilan yang handal dan mampu menjawab tantangan globalisasi.


Program Studi S1 Fisioterapi didirikan dengan visi menjadikannya sebagai program Studi terkemuka dalam penyelenggaaraan pendidikan tinggi Fisioterapi yang berkeunggulan di bidang Fisioterapi individu dan Fisioterapi komunitas berbasis pada pengembangan Ipteks dan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan Daya Saing Bangsa.
Program S1 Fisioterapi memiliki dosen-dosen berkualifikasi S2 Fisioterapi, dengan disertai persiapan sarana laboratorium yang lengkap diantaranya Laboratorium Anatomi, Laboratorium Terapi Manipulasi, Laboratorium Massage, Skill Lab. (meliputi laboratorium pemeriksaan, laboratorium Hidroterapi dan laboratorium Elektroterapi) dan Gymnasium. Laboratorium yang sedang dipersiapkan pengembangannya meliputi klinik pelayanan umum, klinik anti Aging dan kecantikan serta klinik fisioterapi. 
Program pendidikan Program Studi Fisioterapi terdiri atas program Akademik yang diselesaikan selama 8 semester dengan gelar Sarjana Fisioterapi (S.Ft) dan dilanjutkan dengan pendidikan Profesi dengan gelar Fisioterapis (Physio). Lulusannya memiliki peluang kerja yang sangat luas dan tidak terbatas di rumah sakit saja, namun dapat dikembangkan hingga Praktek Mandiri, Home care, klub-klub olah raga, Fitness center, lembaga-lembaga khusus bidang olah raga serta cabang-cabangnya (KONI, PSSI dll).
 PROGRAM STUDI FISIOTERAPI
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITASMUHAMMADIYAH MALANG

Alamat : Jl. Bendungan Sutami No. 188-A Malang 65145
Telp. 0341-551149, 552443 Fax. 0341-582060
E-mail : fisioterapi@umm.ac.id
Informasi Umum

Program Studi S1 Fisioterapi merupakan satu-satunya S1 Fisioterapi di Jawa Timur, yang disiapkan untuk mencetak Sarjana Fisioterapi yang mampu memberikan layanan kesehatan untuk individu dan atau kelompok dengan mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan keilmuan yang kokoh dan ketrampilan yang handal dan mampu menjawab tantangan globalisasi
Program Studi S1 Fisioterapi didirikan dengan visi menjadikannya sebagai program Studi terkemuka dalam penyelenggaaraan pendidikan tinggi Fisioterapi yang berkeunggulan di bidang Fisioterapi individu dan Fisioterapi komunitas berbasis pada pengembangan Ipteks dan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan Daya Saing Bangsa.
Program S1 Fisioterapi memiliki dosen-dosen berkualifikasi S2 Fisioterapi, dengan disertai persiapan sarana laboratorium yang lengkap diantaranya Laboratorium Anatomi, Laboratorium Terapi Manipulasi, Laboratorium Massage, Skill Lab. (meliputi laboratorium pemeriksaan, laboratorium Hidroterapi dan laboratorium Elektroterapi) dan Gymnasium. Laboratorium yang sedang dipersiapkan pengembangannya meliputi klinik pelayanan umum, klinik anti Aging dan kecantikan serta klinik fisioterapi.

Program pendidikan Program Studi Fisioterapi terdiri atas program Akademik yang diselesaikan selama 8 semester dengan gelar Sarjana Fisioterapi (S.Ft) dan dilanjutkan dengan pendidikan Profesi dengan gelar Fisioterapis (Physio). Lulusannya memiliki peluang kerja yang sangat luas dan tidak terbatas di rumah sakit saja, namun dapat dikembangkan hingga Praktek Mandiri, Home care, klub-klub olah raga, Fitness center, lembaga-lembaga khusus bidang olah raga serta cabang-cabangnya (KONI, PSSI dll).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar